Berita

Tampil Kurus dan Menarik Dengan Cara Mudah, Cepat dan Aman

Jumat, 16 Desember 2016 - 08:19:20 WIB0
RSIA Cahaya Bunda

 Obesitas atau yang biasa disebut dengan kegemukan secara umum dikatakan sebagai penyakit kronik yang diakibatkan asupan kalori melebihi penggunaan kalori untuk jangka waktu yang lama dan merupakan penyakit multifaktor akibat penumpukan jaringan lemak yang berlebihan pada tubuh.

Faktor-faktor resiko yang mempengaruhi obesitas antara lain : keturunan, hormonal, usia dan jenis kelamin, psikologi, efek obat-obat yang dikonsumsi, pola hidup, sosial ekonomi.

Hubungan obesitas dengan kesehatan adalah bahwa peningkatan obesitas sejalan dengan peningkatan prevalensi kencing manis tipe 2 dan penyakit-penyakit jantung, yang disebut sebagai penyebab kematian nomor satu.

 Klasifikasi obesitas dipakai ukuran standar rumus Broca yaitu BMI (Body Mass Index) atau IMT (Indeks Masa Tubuh) dengan rumus : Berat Badan dalam kg dibagi dengan Tinggi Badan dalam meter2.

Klasifikasi obesitas berdasarkan BMI (Body Mass Index) atau IMT (Indeks Masa Tubuh) :

Menurut WHO :

Normal : 18,5 - 24,9 ; Berat Badan Lebih : 25 - 29,9 ; Obesitas : ≥ 30. Modifikasi Asia Pasific : Normal : 18,5 - 22,9 ; Berat Badan Lebih : ≥ 23 ; Beresiko : 23 - 24,9 ; Obesitas I : 25 - 29,9 ; Obesitas II : ≥ 30.

Misalkan Berat badan = 85 kilogram dan Tinggi badan = 165 cm (1,65 meter) maka : IMT = 85 / (1,65 x 1,65) = 31,22 ; termasuk Obesitas II dalam klasifikasi obesitas menurut modifikasi Asia Pasific (Indonesia).

Tujuan penanganan obesitas secara umum adalah menurunkan berat badan, mencegah kekambuhan, mengubah perilaku makan dan kegiatan jasmani, mengendalikan faktor risiko.

Salah satu cara penanganan obesitas adalah dengan menggunakan metode akupunktur. Akupunktur berasal dari kata acus = jarum, puncture = menusuk. Jadi akupunktur adalah cara pengobatan alamiah dengan merangsang titik-titik tertentu di tubuh untuk mengobati penyakit. Jarum akupunktur yang ditusukkan ke tubuh diameternya sangat kecil sehingga relatif tidak menimbulkan rasa nyeri.

Pada obesitas perangsangan titik akupunktur akan mempengaruhi : selera makan, pergerakan usus, metabolisme, emosional. Pemilihan titik akupunktur yang sering dipergunakan pada penanganan obesitas adalah titik akupunktur yang menstimulasi dan merangsang pengeluaran serotonin dan ß-Endorphin sehingga merangsang pusat kenyang di otak dan meningkatkan aktivitas penghancuran lemak.

Penelitian Akupunktur Untuk Penanganan Kegemukkan Ditinjau dari Keberhasilan dan Penurunan Berat Badan Rata-Rata : Peneliti Jumlah Kasus Keberhasilan Penurunan Berat Badan per Minggu (pound) 1 pound = 0,45359 kg Cox, B.G 120 70% 2 Giller, R.M 802 74% 2,2 Lau, B.H.S 118 80,5% 3 Sadowsky, H 5000 82% 2 Siboe, L.Y, dkk 62 77,4% 1,8 Sun, E.L 155 79% 1,5 S. Lita 48 75% 0,6

Untuk penanganan obesitas selain dengan akupunktur bisa juga dilakukan dengan aquapuncture, mesoterapi, dan akupunktur benang. Aquapuncture dan mesoterapi adalah dengan memasukkan cairan khusus dengan menggunakan jarum khusus untuk mengaktifkan titik-titik akupunktur jangka waktu yang lebih lama dan menghancurkan lemak sehingga dapat meningkatkan efek terapi akupunktur itu sendiri. Sedangkan akupunktur benang menggunakan benang khusus yang dimasukkan ke tubuh dengan menggunakan jarum khusus untuk menstimulasi dan merangsang titik-titik akupunktur sehingga kerja akupunktur bisa lebih maksimal dalam meningkatkan aktivitas lipolitik sehingga penghancuran lemak di badan lebih optimal.

Akupunktur, aquapuncture, mesoterapi dan akupunktur benang mempunyai efek samping yang minimal sehingga pada umumnya tidak berbahaya, bila dilakukan oleh dokter yang kompeten dan ahli seperti dokter spesialis akupunktur medik dan dilakukan dengan menggunakan jarum-jarum disposable yang sekali pakai buang.

Akupunktur, aquapuncture, mesoterapi dan akupunktur benang biasanya dilakukan oleh seorang yang kompeten dan ahli dibidangnya seperti Dokter Spesialis Akupunktur Medik

Bila membutuhkan informasi lebih lanjut dapat menghubungi Dr. Irawan Anhari, CHt, SpAk di telp 0856 9 30 30 300 yang saat ini praktek di RSIA Cahaya Bunda Cirebon.

Nah sebelum penyakit menyerang tubuh anda, maka sebaiknya kita mencegah terlebih dahulu daripada mengobati. Orang dengan kelebihan berat badan akan sangat mudah terkena penyakit dan dari segi estetika kurang menarik.

MAU KAH ANDA TAMPIL KURUS DAN MENARIK …... ?????

Bisa langsung mendaftar untuk terapi obesitas di RSIA Cahaya Bunda,

 Jl. Perjuangan No. 8 Cirebon, Jawa Barat

Telp (0231) 833338877/88/99  Fax (021) 482121

Email: marketing@rsia-cahayabunda.com

www.rsia-cahayabunda.com

.


Copyrights ©2018: Tim CDA (Mindset Technology) - Rumah Sakit Ibu dan Anak Cahaya Bunda